h1

Mengenal Dasar-Dasar HTML

January 12, 2009

Kali ini kita akan ngerefresh sejenak ingatan kita mengenai HTML. Yah, artikel ini mungkin cocok buat yang baru mendalami pemrograman web.

HTML atau Hyper Text Markup Language. Adalah bahasa yang digunakan untuk mendisain dan memformat halaman web. Kita mungkin sudah  mendengar tentang bahasa program seperti C, C++, Java, dan Visual basic. Masing-Masing bahasa ini terdiri dari perintah sintak dan programming . Sintak ini adalah yang programmer gunakan untuk memanggil kode. bahasa yang relevan. Lebih dari itu, kita harus konvensional dengan aturan menyangkut bahasa tertentu. Didalam HTML, sintak ini disebut tag.Tag ditulis dengan tanda-kurung bersudut< dan>.Ada kelompok tag yang sudah dikenal didalam HTML, yang mana digunakan untuk berbagai tujuan.

Sebagai contoh, dalam rangka memodifikasi satu baris teks ke dalam Bold, kita menerapkan tag bold dengan suatu tag <b>, kemudian tulis beberapa teks atau suatu paragrap yang berisi beberapa teks,dan tutup tag menggunakan tag </b> seperti dalam contoh listing 1. Semua tag didalam HTML harus ditutup menggunakan sintak </>.Tetapi ada beberapa perkecualian pada aturan ini, yang mana kita akan mendiskusikanya nanti.Kita memakai tag ini sebab HTML bukanlah bahasa yang sensitip seperti C++ dan Java.

Struktur

Setiap kode HTML perlu ditulis dalam suatu struktur yang mana dapat dihubungkan dengan Word Wide Web.Tidaklah wajib untuk mengikuti struktur ini. Bagaimanapun juga,lebih baik mempraktekan langsung struktur ini sbg perancangan halaman web kita. Listing 1 menunjukkan struktur suatu halaman HTML sederhana:

Listing 1

<!– Ini komentar didalam HTML.Ini tidak akan diperliatkan pada browser–>

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>
Welcome to HTML
</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<!–halaman CONTENT dimulai –>
<B>Yang ditampilkan di browser, cuma tulisan ini.
</BODY>
</HTML>

Kode diatas menggunakan Notepad dan menyimpan file sebagai satu.html. Kemudian, klik kanan file yang disimpan tadi. bagaimanakah keluarannya?

Listing 2

<B>Untuk menampilkan tulisan cetak tebal</B><BR>

<I>Untuk menampilkan tulisan cetak miring (italic) </I><BR>

<U>Untuk menampilkan tulisan bergaris bawah (underline) </U><BR>

<BR> digunakan untuk menampilkan baris baru.

Listing 3

<Pon> Bla bla bla bla, dan tulisan ini pun akan dianggap satu paragraf. kalau ga percaya, coba aja sendiri. dengan menggunakannya dua kali atau lebih bakal lebih keliatan hasilnya.
</P>

Tidak wajib untuk menutup tag <P>. Tetapi seperti dikatakan sebelumnya, menutup tiap-tiap tag adalah suatu yang baik yang pemprogram praktekkan.

Listing 4

Bekerja dengan Heading Kita dapat menggunakan heading untuk mengorganisir teks kita dalam berbagai tingkatan. Ada lima tingkatan heading didalam HTML seprti di bawah:
<H1>Level – 1 </H1>
<H2>Level – 2 </H2>
<H3>Level – 3 </H3>
<H4>Level – 4 </H4>
<H5>Level – 5 </H5>

Listing 5

Penempatan List contoh teks atau items.Ada dua jenis list didalam HTML.
sebagai berikut

o Ordered List
o Unordered List

Ordered List diwakili oleh tag <ol> tag secara otomatis menomori, dan
Unordered List diwakili oleh tag <ul> dan terlihat seperti bullet.
Cobalah kode di bawah ini:

<OL>
<LI>Java
<LI>C++
</OL>

kode diatas menghasilkan suatu daftar perintah bahasa. Jika kita menginginkannya seperti bullet kemudian kita ubah tag <OL> menjadi tag <UL>
sebagai di bawah ini:

Listing 6

<UL>
<LI>Java
<LI>C++
</UL>

Listing 7
Penerapan Definisi List

Definisi List adalah serupa dengan daftar kata. Diterapkan menggunakan tag <DL> dan <DT> seperti ditunjukkan listing 7 dibawah ini.

<DL>
<DT>Java
<DD>Developed by Sun Microsystems Inc
<DT>Yang kedua
<DD>Developed by saya sendiri
</DL>

Listing 8
Indenting Text
Tag <BLOCKQUOTE> yaitu teks yang menjorok lebih kedalam dari garis tepi secara otomatis dari kiri ke kanan. Cobalah contoh berikut :

<BLOCKQUOTE>
You can use Sound Recorder to record, play, and edit sound files. To use Sound Recorder, you must have a sound card and speakers installed on your computer. If you want to record live sound, you also need a microphone.
</BLOCKQUOTE>

Membuat Links

Suatu website bukanlah halaman tunggal.Terdiri dari beberapa halaman yang saling berhubungan. Sebagai contoh,ketika kita klik suatu link nama ” About Us”, pada browser secara otomatis Kita ke halaman web itu .
Bagaimana sihir ini terjadi? Itu merupakan suatu konsep Hyperlinks

Kita dapat menciptakan Hyperlinks menggunakan tag <a>.Dan harus ditutup menggunakan tag </a> dan itu mewakili anchor.

Listing 9

<A href =“http://www.rumahweb.com”>Rumahweb </A>

href adalah suatu atribut yang digunakan untuk menetapkan link dan mewakili Teks Reference. Atribut lain meliputi suatu target opsional, yang mana menandakan bagaimana cara membuka link. Nilai atribut ini jadi kosong. Sebagai contoh, kode berikut memanggil lokasi Rumahweb.com didalam suatu jendela browser baru ketika seseorang mengklik teks.

Listing 10

<A href = http://www.rumahweb.com target = “_blank”>Rumahweb </A>

Selalu ingat untuk menyimpan file yang telah dibuat dalam ekstensi .html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: