h1

Tips Supaya Blog Kita “Hebat”

December 11, 2007

Bagaimana cara membuat blog yang hebat? Sebuah posting menarik mengenai pilar-pilar dalam membuat blog mungkin bisa dijadikan salah satu jawaban atau penjelasan. Berikut saya coba membaginya: Pilar 1: Posting yang Bermanfaat

Saat memilih entri untuk posting blog, coba tanyakan pada diri kita sendiri: apakah posting ini akan bermanfaat bagi orang lain? Semakin besar efek atau manfaat yang akan ditularkan oleh sebuah topik, semakin besar peluang topik tersebut untuk dijadikan entri yang bagus untuk blog.

Saat menuliskannya, usahakan posting tersebut dilengkapi dengan taut-taut terkait sebagai resources bagi pembaca. Tujuannya, agar posting kita tersebut semakin bermanfaat.

Pilar 2: Olah Jadi Headline yang Bertenaga

Ketika sebuah topik yang bagus sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah menjadikannya head-line alias kepala berita. Caranya? Raciklah topik tersebut sehingga menjadi sebuah posting yang penting dan pertajam dengan judul yang berisi dan mengundang rasa ingin tahu.

Judul yang tak bermakna seperti “Aduuuh !!!” tentu tak ada apa-apanya dibanding, misalnya, “Lima Jurus Pamungkas Atasi Migren”. Jadi jangan anggap enteng judul.

Mengapa? Karena judul yang menarik (catchy) akan tercokok saat orang memantau posting kita pada Feed/RSS reader-nya. Jika judul sebuah posting tidak jelas, besar kemungkinan, pembaca akan melewatkannya begitu saja. (Ingat, biasanya terdapat puluhan, bahkan ratusan entri dari berbagai blog dalam sebuah RSS reader!)

Pilar 3: Sajikan Posting yang Enak Dibaca

Mengingat pembaca tidak punya banyak waktu, maka usahakanlah menampilkan posting yang gampang dibaca (scannable). Misalnya dengan menulis dengan gaya pointer atau memanfaatkan simbol seperti bullet dan lain-lain.

Pilar 4: Tulislah dengan Ringkas dan Padat

Usahakanlah menulis posting dengan ringkas, tajam dan sistematis. Jangan bikin paragraf yang terlalu panjang dan bertele-tele, kecuali Anda memang berniat menganiaya pembaca Anda -)

Jika sebuah ide/kalimat bisa disampaikan dalam lima atau tujuh kata misalnya, mengapa harus menyampaikannya dengan 20 kata?

Boros kata (wordy) akan membuat pembaca tidak tertarik untuk balik lagi bertandang ke blog kita dan itu pertanda tidak baik jika kita ingin lebih banyak berbagi lewat ngeblog.

sumber: http://www.thegadgetnet.com/2007/07/23/empat-pilar-bikin-blog-hebat/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: